Rabu, 23 Desember 2015

Revertigo

Pernah mendatangi acara reuni SD? Atau reuni SMP? Reuni SMA?

tampilan beda, kelakuan sama :D
  Jika pernah, coba diingat lagi. Beneran udah pernah? Eh, bukan. Coba diingat. Adakah salah satu teman yang nyeletuk seperti ini:

“Heeeehh.. Gendut! Kenapa sekarang udah kurus?”
“Wah, sudah sukses kamu, ya. Selamat ya.. Traktiran kapan-kapan dong!”
“Mana tunanganmu? Nggak dibawa?”
“Tambah cantik ya, kamu.” #cieeee

Tapi juga banyak celetukan seperti ini:

“Ya ampuuun. Anak ini masih sama aja kayak dulu, pecicilan!”
“Heh, kamu kok tetep gini aja sih?”
“Elu, tetep aja ngomongnya banyak. Nggak penting. Inget umurrrr. Hahaha.”
“Gaya doang yang beda. Bawa mobil, pegang iphone, tetep aja lemot! Hahaha.”

Ya. Dalam sebuah reuni tentu saja ada komentar semacam itu. Kadang nyenengin, kadang nyebelin. Tapi kita memang harus siap menghadapi komentar-komentar tersebut kalau sudah memutuskan menghadiri reuni. Nah yang saya bahas adalah 4 komentar yang saya sebutin terakhir. TETAP. KAMU MASIH TETAP. Masih tetap kayak anak SD, masih tetap kayak anak SMP, masih tetap kayak anak SMA.

Kalau katanya Marshall Eriksen (himym s3), ada istilah yang mewakili fenomena ini. Namana Revertigo. Ini adalah sebuah fenomena yang terjadi saat kamu berada di sekitar orang-orang yang sudah lama kamu kenal dan tidak kamu temui dalam waktu yang cukup lama, kamu akan bertingkah laku seperti pada saat kamu mengenal mereka dulu. Misalnya saya reuni dengan teman-teman SD saya, karena ketemu mereka lagi akhirnya gaya bicara, cara mikir, cara becanda, obrolan, balik lagi ke jaman masih SD. Itu nggak terjadi di semua orang, sih. Menurut saya, revertigo hanya terjadi pada orang yang kemampuan adaptasinya kelewatan. Haha peace.

Reuni SDN Ditotrunan 1 Lumajang angkatan 2005, Juli 2015
 Nama psikologi dari Revertigo sendiri adalah Assosiative Regression atau Kemunduran Asosiatif. Ini agak ngawur, tapi source-nya masih sama. Jadi saat kita berinteraksi lagi dengan orang-orang dari masa lalu, otak kita melakukan proses ‘menghubungkan’ kejadian yang sedang kita alami sekarang dengan kenangan yang pernah kita lakukan di masa lalu dengan orang yang sama. Akhirnya, untuk orang-orang yang mudah beradaptasi, dalam waktu sepersekian detik tingkah mereka kembali seperti pada saat mereka mengenal orang tersebut di masa lalu. Jadi kalo kenalnya dulu pas jaman SMP, ya kelakuannya balik kayak waktu kita SMP dulu.

Sebenarnya fenomena ini bukan sesuatu yang buruk. Si pelaku (pelakuuuuu..... udah kayak pidana aja) hanya berusaha membuat dirinya merasa nyaman di lingkungan tersebut, dengan orang-orang yang sama tapi dengan keadaan yang berbeda. Itu juga usaha dia untuk membuat orang-orang lain merasa nyaman dengan dirinya. Misalnya nih, saya punya teman SMP, deket banget, sebut saja si G (cieeeehhh si G). Udah lama banget nggak ketemu si G. Pas ketemu dia sama temen-temen lain, tiba-tiba saya jadi kayak anak SMP lagi. Yang nempel banget sama si G, ketawa-tawa bareng gara-gara joke yang cuma saya dan G yang ngerti, manja-manjaan, persis kayak jaman dulu saya masih SMP. Dia juga sama, sama gilanya kayak waktu SMP dulu.

Bareng temen-temen SMP Juli 2015

Temen SMP yang masih sering hangout bareng. Tapi karena masih sering ketemu, jadi nggak terlalu parah 'revertigo'nya :)

Ibu dokter temen SMP saya, yang sama-sama suka jepang2an. Dia otaku murni loh!

Smile.. ehhh, kameranya sebelah mana sih?
Kembali ke bahasan tadi. Apa saya tetap orang seperti itu sekarang? Apa dia juga masih tetep gila kalau bertemu orang lain selain saya? Ternyata belum tentu teman-teman. Itu cuma sebuah fenomena yang terjadi, yaitu revertigo tadi. Jika memang benar-benar nyaman, atau adaptasinya kelewatan, the whole meeting will be the same as what we’ve done in the past. Reuni yang seperti itu yang menurut saya berkesan. Mungkin reuni yang mungkin cuma 5 jam itu bakal terasa spesial, karena dalam 5 jam tersebut kita sama-sama kembali ke masa lalu. Bener-bener mengenang masa kita berjaya dulu. Itu mungkin juga yang membuat sebagian orang mengadakan ‘reuni lanjutan’ setelah acara reuni resmi, atau keesokan harinya, atau menyusun jadwal ketemu lagi. Kurang. Nggak puas. Ingin balik ke masa lalu bersama mereka lagi barang 5 jam saja. Setelah itu kembali menghadapi dunia nyata. Iya nggak? Kayak gitu?
  
Reuni SMA. Itu wali kelas tercinta kami, Bpk. Jay Syahran.

Mas mantan yang paling depan #eh
Ada temen yang dulunya diem, pemalu. Tapi pas udah umur 20an sekarang punya banyak pengalaman, kuliah sukses, kerja sukses, harusnya dia blabbering atau apa. Tentu dia orang yang berbeda dengan yang kita kenal dulu. Tapi pas ngumpul lagi sama temen-temen satu angkatan, dia diem lagi. Kerjaannya cuma mengaduk-aduk minuman di depannya di pojokan meja. Dia mikir apa? Nggak ada. Dia cuma ‘menyesuaikan’ situasi.

Tapi nggak sedikit juga sih, mereka-mereka yang menunjukkan perubahan. Gestures yang mereka perlihatkan seakan bilang, “Ini aku loh. Aku udah berubah. Aku udah sukses. Kerjaan kamu gimana? Kerja di ini aja, kemarin aku nyobain di...blaa..blaa....” Itu juga nggak papa, tapi kalo saya sihhh tidak terlalu nyaman seperti itu. Terus buat apa reuni? Ngomongin kerjaan? Ngomongin kerjaan, ya di tempat kerja aja. Di sini tempatnya nostalgia.

Jadi pesan saya, jangan gampang menilai orang ‘tidak berubah’ cuma berpedoman saat kita ketemu sama dia di sebuah acara ‘meet up’ atau ‘reunion’. Karena bisa saja pribadi tersebut sudah berubah menjadi jauh jauh lebih baik, tapi dia mengalami Revertigo tadi saat bertemu kumpulan orang dari masa lalu. Dia menyamankan dirinya, dan menyamankan kita sebagai teman-temannya. Karena otaknya beranggapan, kita survive berteman dengannya dengan personality yang seperti itu dulunya, jadi dia harus memunculkannya lagi. Tapi tentu saja, semua tindakan pasti ada sisi positif dan negatifnya. Ada yang suka, ada yang nggak suka. Namanya saja manusia. Hargai saja ya. Begituuuu. Hehehe.

Bonus nih, ini temen kuliah saya namanya Angga. Masih bisa gila kalo ketemu saya. Ya sama, saya juga balik gila lagi kalo ketemu dia :* Uuuuu miss you, Ngga. :* :* :*
Artikel ini ditulis berdasarkan Series How I Met Your Mother Season 3 Episode: Sandcastle In The Sand. Karena saya nemuin banyak kecocokan dengan apa yang pernah saya lalui juga, jadi saya tulis reviewnya di sini. Hehehe. See you in next article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*