Selasa, 22 Desember 2015

Acaranya Kekinian, Judulnya Loemadjang Djaman Doeloe (Part 2)

Nah, lanjutan dari yang kemarin nih :) Karena soal tryout udah dapet 60 soal dari 130 soal, jadi mari kita lanjutkan yang part 2 hari ini. Di sela-sela bantu-bantu ibu masak buat maulud nabi besok. Karena request dari beberapa pembaca juga buat posting part 2-nya. Hehehe. Okelaaaahh..

Sampai dimana kita? Oya, sampe di foto bareng Demang, ya.

Nah setelah itu kami berniat buat pergi ke booth selanjutnya. Tapi ada yang bikin saya berhenti. Ada satu hal yang menarik perhatian saya. Di sebelah booth Demang tadi, ada alat musik tradisional gede, yang bahannya dari kayu, sedang dimainkan oleh bapak-bapak yang rambutnya sudah putih semua karena usia. Alunan musiknya merdu sekali, bikin adem meskipun hanya terdengar sayup-sayup. Iya sayup, karena suasana emang lagi rame banget malam itu. Saya ambil gambar pake kamera yang dari tadi saya bawa, sisa motretin temen saya tadi. Tanpa dikomando, temen saya yang sebut saja namanya ‘mas pay’, nyamperin duduk di sebelah bapaknya. Ngajak ngobrol. Sama seperti yang saya lakuin tadi ke Pak Demang. Iseng, saya rekam sekalian keasikan mereka pake video rec di kamera pinjeman.

anggap saja fokus

Alat musik tersebut sama seperti kebanyakan gamelan jawa lainnya, merupakan alat musik pentatonis. Ada 5 nada. FYI, piano itu nada dasarnya ada 7, yaitu do re mi fa so la si. Kalau alat musik tradisional kayak gambang, bonang, dan termasuk yang ini nadanya cuman 5. Maaf teman-teman, saya lupa nggak nanya ini namanya apa. :( Oiya, bapak ini ternyata tinggal di Senduro (lereng  Semeru) sana, udah berangkat dari sorenya ke alun-alun. Sedangkan padepokan tempat beliau bermain alat ini ada di daerah Dawuhan, masih daerah kota. Keren lho, jauh-jauh buat partisipasi. Nggak kayak kita, anak muda yang cuma bisa liat aja. Iseng lagi, mas pay nyobain mainin alat musik tersebut. Wenaaaak. Ternyatahhh...dia bisahhhh.... Bisa ngawur gitu mainnya. (Hehehe peace!) Terus saya juga nyobain kok, guys. Gimana? Gimana? Ya lebih ngawur lagi. :p

Oke lanjut. Kami bergerak masuk ke tengah lagi. Langsung ke tengah karena beberapa booth masih baru bersiap-siap. Jadi booth-booth di acara ini disebar di tepian lapangan alun-alun sehingga bagian tengahnya masih lapang buat pengunjung berlalu lalang dan foto-foto bareng. Di tengah-tengah lapangan dekat tiang bendera diletakkan beberapa buah janur melengkung. Enggak, gak ada yang nikahan kok. Cuman janurnya emang dilengkungin buat ngindikasikan kalo lagi ada perayaan di sana. Tinggiiiiii banget. Ntar kalau nikahan saya janurnya juga ditinggiin gitu, ah. Biar keliatan sampe menara air. #eh #plakkkk fokusssss.

kamera sayaaa..... hiks. ga suka hasilnya kalo malem-malem. itu banyak orbs nya kalo kata mbak citra prima haha
 Kami jalan pelan-pelan sambil memutuskan mau kemana. Nah, itu. Ada gerombolan pengunjung yang lagi asik main permainan tradisional di tengah lapangan. Sebagian besar bermain egrang. Iya oke. Yang keliatan emang pada main egrang semua. Bukan ‘main’ lebih tepatnya. Kayaknya nyoba2 aja. Banyak egrang yang ternyata disediakan booth besar di belakangnya. Kami menuju ke arah sana. Dan yang nggak kami ngerti, ada 2 kambing tertambat di situ. Buat apa ya? Buat dinaikin? >_<

“Do you want to play dakon with me?”

Saya yang ditanya, noleh ke arah mas pay. Egrangnya emang lagi kepake semua, tapi saya baru lihat ada beberapa dakon di deket pintu masuk. “Yes, of course,” jawab saya riang sambil semakin semangat melangkah ke arah dakon-dakon kayu yang bertumpukan. Udah lama banget nggak main dakon. Mainnya dulu juga bukan dakon dari bahan jadul gini, tapi dakon plastik :3

Dakon atau congklak adalah salah satu permainan tradisional jawa. Seinget saya ada 18 cekungan yang dibariskan menjadi dua saf pada alat tersebut. Dimainkan dengan menggunakan biji-bijian, secara bergiliran biji-biji tersebut dijatuhkan ke masing-masing cekungan tadi. Duh, gimana jelasin cara mainnya, ya? Intinya siapa yang dapet lebih banyak biji, dia yang menang. Gitu. Hahahaha. Malah kalau menurut cerita dari nenek-nenek saya, dulu nenek saya bermain dakon di tanah. Tanahnya dikeruk buat bikin cekungan/mangkuk2an yang berjumlah 18 tadi. Bijinya juga diganti sama kerikil. Kreatif banget yaaa *berbinar-binar* *lihat anak jaman sekarang* *cari dakon di PlayStore*

“Whoa, there’s no seed here. We can’t play these stuffs,” kata saya kecewa. Di tumpukan dakon tersebut tidak ada bijinya untuk dimainkan. Dan iya, agak geli pake english gitu, tapi bikin seru juga. Kita kayak bule-bule gitu ngobrolnya. Hahahhaa. Kami tolah-toleh sebentar dan ngeliat ada anak yang baru balikin egrang. Karena niat awal memang pengen ‘main’ egrang, sepasang egrang tersebut  berpindah tangan ke kami. Kalo egrang udah tau ya, teman-teman? Itu lho, stik tinggi yang ada pijakannya. Biar kita jadi lebih tinggi gitu kalo jalan. Hehehe. Saya dan saudara kembar saya saat kecil dulu punya masing-masing sepasang dengan tinggi kira-kira 50 cm.

“Ayo kita coba,” mas pay semangat banget bawa egrang itu keluar ke tempat yang lebih lapang. Agak jauh dari gerombolan ‘pencoba’ egrang yang lainnya. Sepertinya dia tertantang gara-gara saya sempat memberi tahu kalau saya bisa main egrang dulunya. “Okay, let’s try some dopamine.”

“Iya, ini tak jagain sendalnya biar ndak ilang,” celetuk saya. Dia tertawa, mulai naikin egrangnya. Padahal saya serius. Biasanya saya kalo main egrang sampe jauh, sampe lupa waktu, sampe lupa sandal ditaruh di mana......eh, mas pay udah turun duluan. Gak seimbang. Dia kasih egrangnya sama saya sambil bilang kalau dia berhasil 4 langkah. Lho? Ini nantangin tah?

Saya ambil egrangnya.

“Tak jagain sepatunya,” gantian dia yang nyetetuk. Saya senyumin sinis sambil kasih tas saya buat dipegangin.

Oke we’ll see. Untung aja tadi mutusin pake celana aja, bukan pake rok jarik. Tapi kemudian muncul keraguan di benak saya. Kan udah lama banget sejak main ini terakhir kali. Sepertinya saya terakhir main ini pas SD atau SMP gitu ya. Almarhum Pakde saya masih ada waktu itu. Beliaulah yang membuatkan egrang untuk saya, kembaran saya, dan sepupu saya. Mengajari kami bertiga. Cara naiknya, cara seimbanginnya, cara jalannya, cara larinya, cara turunnya juga. Bahkan kami bertiga sampe sering balapan pake egrang. Iya teman-teman. Egrang itu dulunya mainan saya. Sempet mellow beberapa detik mengingat potongan kenangan tersebut, lalu inget lagi kalau saat itu lagi dapet tantangan dari mas pay. Saya naikin kaki kanan, nge-pas-in posisi, angkat badan, turun lagi. Gak seimbang. Cobain lagi, turun lagi. Saya lirik mas pay kayaknya penasaran, sebenernya saya bisa atau enggak? Tarik nafas. Naikin kaki kanan, angkat badan, nge-pas-in kaki kiri, dan......yak. Saya ternyata masih bisa.

Saya menyeimbangkan diri. Masih di tempat itu, sambil senyum-senyum karena puas. Aku bisa lhoooo, mas pay wkwkwk.

“Wihh.. coba jalan-jalan ke sana,” serunya. Lah? Masih nggak percaya. Saya berjalan santai ke arah depan, menjauh dari dia. Sambil senyum-senyum, tetep. Dopamin-nya dapet. Udah lama banget. Udah lama banget nggak gini. Woi, inget umur woi!

“Weeeehhh, beneran bisa,” mas pay tepuk tangan. “Oke, kamu bisa. Udah coba sini gantian.”

Dan ternyata mas pay masih pengen cobain lagi. Saya balik ke arahnya. Turun dari egrang, masih dengan adrenalin tinggi. Sebenernya belum puas, tapi inget umur. Inget kalo lagi pake kebaya, udah bukan kaos oblong, celana pendek, dan kunciran dua lagi. Mas pay balikin tas dan penasaran buat nyoba terus, sambil tanya-tanya ke saya ‘kiat-kiat bermain egrang’. Ya saya jawab setahu saya sambil mengevaluasi waktu dia latihan. Masih belum nyerah. Saya liatin sambil ketawa-tawa.

Ada mas dan mbak di sebelah saya, yang mas-nya juga lagi belajar main egrang. Mbak-nya juga pake kebaya. Mas pay ngajakin masnya buat balapan. Saya ketawa. Masnya nolak karena bilang masih belajar. Sama, mas pay juga sama lagi ‘belajar’. Wkwk.

“Abis itu aku sama mbaknya yang balapan, ya!” saya godain mbaknya. Si embak menolak sambil ketawa, bilang kalo nggak bisa. Saya balas ketawa lagi. Kami kembalikan egrang saat mas pay berhasil bertahan dengan tujuh langkah. Mungkin dia nggak ngitung ya, saya kasih tau di sini aja. Tepuk tangan buat tujuh langkah kemaren *prok prok prok*

Udah kepanjangan. Bersambung lagi. Kok koyok berkesan ngunu ya, sampek bersambung-bersambung? Ah Lumajang bisa aja kalo ngadain acara~


Maaf foto-fotonya di postingan selanjutnya saja, ya. Bagian ini emang lagi gak ngeluarin kamera. Thanks udah baca! Kita harus bahagia!

barang-barang klasik yang dipajang di booth-booth LDD

bagus sih... tapi anggap saja fokus ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*