Sabtu, 30 Januari 2016

Seriusan.... Lagi Apa?

Hei, lagi apa?
 
Sering banget kita baca kalimat itu di aplikasi chatting yang bertebaran. Jujur, saya termasuk dari segelintir manusia yang nggak suka ditanya pertanyaan itu. Kok bisa nggak suka? Enggak suka aja. Hmmmm.. Bukan gitu juga mungkin ya.

Jujur, saya sudah terlalu banyak mendapat pertanyaan semacam itu. Lagi apa? Lagi ngapain? Ngapain sekarang? Terus sekarang lagi apa? Kamu dimana? Dengan siapa? Sedang berbuat apa? (hayooo baca sambil nyanyi) Iya itu dulu pas saya masih punya pacar yang posesif. Dan pengalaman itu juga yang mungkin bikin saya skeptis sama pertanyaan serupa yang muncul di notif wa, bbm, line, messenger, dll. Dan kemudian saya melakukan survey sama setiap orang-orang nanyain saya ‘lagi apa?’ Kenapa sih, kok kepo banget sama hidup saya? Mau ngapain kek, kan terserah saya. Jadi alasan mereka di antaranya adalah:

Basa – basi
Biasanya pertanyaan dikemukakan pada awal chat. Cuma sekedar basa-basi, membuka pembicaraan, yang menurut saya TIDAK PENTING. Kalo mau ada perlu, ya langsung aja ke pokok permasalahan. Kenapa harus tanya saya lagi apa? Takut saya sibuk? Sebenernya langsung mengutarakan maksud dan urusan juga nggak ada ruginya. Kalau saya senggang, pasti langsung saya jawab/garap. Kalau lagi sibuk, ya pasti saya bilang atau saya tinggal dulu. Baru nanti pas saya sudah senggang, saya kabarin kalo tadinya lagi ada urusan yang logis buat tidak membalas dulu. So, buat apa tanya lagi apa?
 
NB: screenshots di postingan ini cuma beberapa karena cuma segitu yang sempat saya selamatkan. Yang lain sudah dikebumikan demi kebaikan umat manusia.
Kehabisan Bahan Obrolan
Terjadi pada saat chat udah mulai garing. Kalo udah kehabisan bahan obrolan, ini pertanyaan yang katanya paling aman untuk tidak membuat chat lebih krik-krik. Mending langsung taruh hp atau skip ke aplikasi lain. Kalo udah selese yang diobrolin ya udah.

Kesepian
Iya ini pernah kejadian banget. Dan sudahlah, tidak perlu ditanggepin lagi lah. Atau apa mungkin peran saya di hidup orang lain ini cuma sebagai pengheboh? Kalau lagi sepi, langsung hubungin saya, gitu? Biasa aja kali, ya. Hape saya sepi juga. Oke sesama warga kerajaan jomblo nasional, nyeseknya kadang ada. Tapi saya nggak kepo ke orang-orang mereka lagi apa saat itu juga. Tolong. Plis. Masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat daripada kepoin orang-orang sekarang lagi apa.
 
setelah itu bilang kalo kesepian :3 dan iya, chatnya udah lama. nggak saya hapus karena absurd. Contoh yang absurd.
Perhatian (yang ini kadang salah tangkep)
Katanya kalo tanya gitu namanya perhatian. Ini biasanya dirasain sama orang yang lagi jatuh cinta. Baru dapet chat gitu langsung teriak-teriak gulung-gulung kayak cacing kepanasan di gurun. ‘Yampuuun dia perhatian bangeeeeet!!’ sambil pukulin orang/guling/tembok/laptop/pokoknya barang apapun yang lagi ada di sebelahnya. Padahal mungkin alasan asli dari yang tanya ada di poin setelah ini. :3

Iseng (kalo bahasa Lumajangnya ‘Ndak onok, saking ae’)
Kalo ini nggak perlu dibahas ya. Karena tujuannya sendiri juga enggak jelas.
 
terus?
Modus
Sebenernya nggak paham juga bedanya tanya ini gara-gara basa-basi, kehabisan bahan obrolan, kesepian, iseng, sama modus. Karena modus mencakup semuanya. Dan nggak penting. Dan tolong, kalau mau serius ya serius ga pake modus.

Saya punya satu temen yang sepertinya sejenis sama saya, nggak suka ditanyain pertanyaan ini. Tapi alesan dia beda. Kalau saya alesannya gara-gara capek (udah keseringan ditanyain kayak gini pas sama mantan dulu #ehm). Tapi kalau dia alesannya gara-gara takut baper. Daripada salah paham, mending nggak usah dijawab kalau udah sampe pertanyaan kayak gitu. Takut ge-er mungkin. Tapi masuk akal juga, ya. Hahaha.

Terus, Ep? Kalo kamu ditanyain gitu, kamu jawab apaan?

Saya kalo ditanya ‘lagi apa’ atau pertanyaan serupa lainnya, saya selalu tanya balik ‘kenapa?’ atau ‘ada apa?’. Biar jelas maksud dan tujuan dia tanya itu buat apa. Kalau nggak ada apa-apa dibalik itu semua, saya pikir mereka juga nggak perlu tau saya lagi apa, sih. Buat apa kepo ke hidup saya, sih? Hidup-hidup saya, terserah saya dong mau ngapain aja. Biasanya orang-orang yang tanya ini coba saya kasih penjelasan ini (kenapa saya gak mau jawab). Dan akhirnya mereka pada berhenti nggak nanyain lagi. Hahaha peace rek.



But, akhir-akhir ini ada satu teman saya yang bandel tanyanya. Sampe-sampe kemarin, pas kita lagi ngobrol di cafe es krim favorit saya (yang dia ternyata belum pernah ke sana), saya nanyain dia. Udah jelas-jelas saya nggak suka dan sudah saya jelasin alasan saya nggak suka beserta solusinya, kenapa masih bandel tanya-tanya tiap hari. Dia cuman senyum-senyum sambil jawab ‘nggak papa’. Saya gemes dan sebel sendiri. Saya coba jelasin lagi bahwa masih banyak orang yang perlu dia kepoin selain saya. Bisa kepo ke ibunya, bapaknya, adeknya, sepupunya, atau siapa gitu kek yang lebih penting. Tapi dia masih bandel juga. Saking sebel dan ngebetnya saya jelasin itu, sampe akhirnya saya mikir kok saya bisa se-skeptis ini.

Sudah sekitar enam bulan ini saya belajar untuk lebih banyak berpikir positif dalam hidup saya. Pesimis itu tidak penting. Menurut beberapa riset di luar sana, berpikir positif sangat penting di kehidupan kita. Positive thinking equals a happy life. Sudah saya terapkan selama beberapa bulan. Dan ternyata hasilnya mengesankan. Ya meskipun ada juga yang berakhir tidak baik, karena saya nggak bisa membedakan geer dan positive thinking saat itu. Huahahaha. Positif-lah teman-teman. Ngaruh, kok. Tapi kemudian muncul pertanyaan: kok saya skeptis sama pertanyaan ‘lagi apa?’ ini, ya?

Tadi pagi saya coba berpikir positif. Karena ada satu teman yang bandel dan cuma senyum-senyum penuh arti. Kalau dia nggak mau berhenti (sepertinya), apa yang bisa saya ambil dari ini? Ternyataaaa.....setelah saya pikir-pikir, kalimat tanya ‘lagi apa?’ ini bisa memunculkan dilema dalam hati.  Apakah kita akan menjawabnya dengan jujur, dengan kebohongan, atau dengan pencitraan. Kalimat ini sebenernya bikin kita mikir, ketika ditanya gitu kita lagi apa. Sedang apa? Apa yang kita lakukan untuk hidup kita sekarang? Waktu nggak bisa balik dan apa yang kita lakukan sekarang? “nggak ngapa-ngapain?” Astaga sia-sia sekali...

Pertanyaan itu juga bisa bikin kita refleksi (ngaca, bukan pijet), apa yang kita lakukan saat itu adalah hal yang bermanfaat atau nggak buat kita di masa depan? Manfaat untuk orang lain? Lagi apa? Cuma tidur-tiduran seharian? Lagi apa? Nonton tv? Makan? Tidur? Nonton tv lagi? Atau apa? Secara langsung, ditanyain ini juga bisa membuat kita terangsang untuk melakukan kegiatan yang lebih positif dari yang dilakukan saat itu. Itu juga kalo kita bisa berpikir positif dan concern dengan diri kita sendiri. Terlepas dari alesan yang dipunya pihak penanya, ya. Wah, ternyata ada manfaatnya juga lho. Ya sebenernya ini cuma buat ngubah mindset aja sih, biar nggak berprasangka buruk sama orang yang nanyain ini. Yang entah tujuannya iseng atau modus atau perhatian atau cuma basa basi doang.

dan saya ternyata pernah khilaf tanya-tanya juga
Sekarang masih skeptis, Ep?

Yaaa ada sih kadang yang saya jawab beneran, waktu itu saya lagi apa. Tapi buat yang lain yang nggak saya respon, minta maaf banget. Kalau ada urusan silakan langsung to the point. Atau kalau memang bener-bener concern atau care saya lagi apa saat itu, boleh deh, bandel nanyain terus. Kalo cuma iseng sih, kayaknya nggak penting ya. Abisin waktu dan tenaga jempol saja sepertinya. Oke? Okesip :*

2 komentar:

  1. kadang kesel juga jadi pihak yang nanya 'lagi apa' terus dijawab 'mau tau aja apa mau tau bingitz?' atau 'Siapa? YANG NANYA???' -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba nanya 'lagi apa'nya yang agak implisit hahahah

      Hapus

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*