Jumat, 15 Januari 2016

Solo-Traveler Gagal

Mungkin sudah beberapa pembaca yang menunggu postingan saya ini, ya. *pede banget* yang sudah nontonin postingan saya di instagram atau di DP bbm, mungkin udah pada tau kalo saya abis main ke Daerah Istimewa Yogyakarta selama 2 hari. Dan sendirian. Dan temen-temen pada minta oleh-oleh postingan blog. Dan baru sempet nulis tentang itu hari ini. Hehe gomen :)


Jadi sepulang dari DIY kemarin saya langsung terkapar di kamar selama 2 hari, teman-teman. Iya, masuk angin. Gimana ceritanya bisa masuk angin? Nah....ceritanya nggak penting kan? Ya gapapa deh, buat nambah-nambah posting ya. Hahaha *plak*

Cerita ini dimulai bulan Juli tahun lalu. Saya punya sepupu yang saat itu sedang kuliah tahun pertama (mau semester 3) di fakultas Biologi UGM. Domisilinya selama ini berada di Tarakan, Kaltim. Om saya kerja dan berkeluarga di sana. Sepupu saya pada liburan menuju semester 3 itu ingin berlibur ke kampung halaman ayahnya, di Lumajang alias di rumah saya. Dan sepupu saya ini masih belum berpengalaman untuk travelling dari Jogja ke Lumajang. Dia taunya cuman pesawat doang kali, yak. Lalu ditelfonlah saya oleh bapaknya yang di Tarakan buat jemput sepupu saya itu naik kereta.

Yak. Kesempatan buat main sendirian udah di depan mata. Biasanya kesempatan ini jarang terjadi. Karena selama ini orang tua saya sering memberati saya pergi-pergi kemana-mana. Makanya jarang travelling meskipun ingin. *nangis jus jambu*

Setelah meminta ijin orang tua dan dibolehin (karena permintaan dari om juga), saya menghubungi sepupu saya buat koordinasi. Eh ternyata liburnya nggak bareng dengan libur saya. Dia libur, saya masuk. Saya libur, dia masuk. Akhirnya tertunda sampai liburan semester ini. Tanggal 8-10 Januari kemarin saya berhasil sampe di Jogja sendirian.

Jum'at pagi (8/1) saya berangkat ke stasiun Klakah - Lumajang diantar oleh saudara kembar saya dengan mengendarai motor. Karena jarak rumah dengan stasiun yang cukup jauh, kami berangkat sekitar pukul 05:00am. Jadwal keberangkatan kereta menurut tiket yang saya genggam saat itu yaitu pukul 06:07am. Sampai di sana saya agak heran. Stasiunnya sepi sekali. Belum buka. Padahal udah kurang setengah jam lagi kereta datang dari arah Jember. Baiklah, Lumajang. Akhirnya stasiun dan pengecekan tiket dibuka pukul 06:00am.

Kereta datang dan berangkat tepat waktu, saya duduk di depan seorang bapak-bapak dan anak laki-lakinya yang sepertinya mahasiswa pelayaran (liat dari topi, jaket, sama tasnya. Plis mas, obvious banget). Mereka turun di lempuyangan dan langsung menuju ke jakarta setelah itu. Oh, mungkin maba. Dan di sebelah saya ada sepasang manusia, laki-laki dan perempuan. Syukurlah saya duduk dekat jendela, sambil baca buku pinjeman, sambil nyamil, jadi nggak garing-garing amat dengerin 'kemesraan' mereka. Yang enggak tau juga itu beneran atau fake.. hussss..

Lanjut.

Akhirnya saya sampai di stasiun lempuyangan Jogjakarta sekitar pukul 02:50pm. Sepupu saya sudah menjemput dengan mengenakan jas hujan. Saya disambut kota itu dengan hujan yang deras sekali. Sebenernya seneng. Tapi saya bawa baju persediaan 2 hari di tas. Akhirnya kami menunggu sampai hujan agak reda, dan sampai di kos sepupu saya di daerah UGM pukul 04:00pm.

Karena gak pengen garing di sebelah orang pacaran
Amunisi buku pinjeman
Oiya saya pernah cerita kalo saya punya kakak di Jogja? Nah, rencananya dia bulan ini mau hengkang, pindahan ke luar kota. Tapi beruntung jadwalnya diundur jadi waktu saya ke Jogja, dia masih di tempat. Yey. Malam itu saya diajak muter-muter jogja. Sepupu saya ada acara rapat dan pelantikan organisasi kampus yang dia ikuti sampai keesokan harinya. Tolong, sepupunya ke Jogja malah ditinggal rapat. Jadilah saya embak-embak creepy yang seliweran di kos orang.

Saya berangkat dengan niat awal buat cari makan pukul 07:30pm, dengan persiapan seadanya (baca: pake bedak seadanya) karena tau-tau kakak saya nongol di depan kos nggak pake bilang kalo mau berangkat.

Setelah mutusin makan di McD, liat Tugu Jogja dengan banyak orang-orang selfie di sekitarnya, liat Sindu Kusuma Edupark yang bianglalanya tertinggi se-Indonesia, dan minum susu bareng di Kalimilk, saya ngantuk dan mulai kerasa capek. Sampe kos lagi pukul 10:30pm. Oke kemaleman. Udah numpang, kemaleman pula. *plak*

Tau aja lagi pengen ke McD
McFlurry :D ini kita pas di mcD Ring Road
Motretnya cuman dari lampu merah. Nggak mampir. :') masnya nggak mau turun. Hih. MENTANG2 PAKE PLAT NOMER JOGJAAA JADI MALU DIA.

Bagian depan sindu kusuma edupark. Cuma lewat di depannya aja. Bianglala tertinggi se-Indonesia
Kalimilk jogjakarta



Untuk agenda besoknya, rencana kami (saya sama kakak sy yg tadi itu) mau coba main ke pantai. Oke saya excited sekali buat ke pantai. Rencananya kami akan ke pantai indrayanti, bukan parangtritis loh. Tapi karena sepupu saya belum pulang-pulang (posisi kunci kosan cuma satu dan ada di saya), saya harus menunggu dia pulang dulu buat berangkat. Dan kakak saya tiba-tiba ada kerjaan. Karena dia punya usaha sama omnya, jadi kerjaannya tiba-tiba gitu. Saya nggak bisa keluar kemana-mana hari itu karena 2 alesan:

1. Saya harus menunggu sampai sepupu saya pulang buat ngasih kuncinya;
2. Saya masih menunggu kabar kakak saya kapan selesai kerjanya.

Dan sukses hari itu nggak kemana-mana sampe sore. Nonton series drama thailand sendirian di kos. Sedih gak tuh..... :')

Tapi malam harinya (9/1), saya pergi ke daerah Kaliurang untuk menonton Festival Of Lights. Yang ternyata venue-nya ada di Gardu Pandang, bener-bener daerah pegunungan. Saya malah lupa nggak bawa jaket. Malam itu kami yang berangkat dari togamas jam setengah 9, sampe sana jam 9an. Pulang sampe di kos udah malem banget karena jarak kota dan kaliurang yang lumayan. Lumayan, kayak Malang ke Batu. Dan dingin banget. Sial banget kakak saya liat baju yang saya pake, dikirain jaket. Padahal kemeja tipis. Dan nggak ngasih tau kalo tempatnya sedingin Batu. Hahaha... tentang festival of light nya saya bahas di postingan berikutnya ya.



Akhirnya setelah kedinginan semalam ditambah AC kereta (waktu pulang ke Lumajang sama sepupu besoknya (10/1)) selama 9 jam, saya sukses masuk angin selama 2 hari. Mau nyoba travelling sendirian tapi gagal. Ada tempat-tempat yang lupa saya kunjungi seperti klinik kopi dan studio kopi (dijanjiin Bebe nih, ke sini. Ayo be!). Tapi secara keseluruhan, tetep pengalaman yang seru. Kapan-kapan kemana lagi, ya? Biar gak jadi solo-traveler gagal, tapi solo-traveler sukses. Harus diremidi. :D

Kenapa? Baca postingannya kayak nonton klipnya CCTV nggak sih? Hahaha. Udah muter2 kayak ada ceritanya, tetep akhirnya cuman nongol tulisan "Tetap Di CCTV". Ini udah muter-muter kayak ada ceritanya, akhirnya cuman bilang "nah, saya masuk angin gara-gara itu."

Terima kasih udah baca! :p

4 komentar:

  1. masak ke jokja cuman dapet oleh" masuk angin mbak😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha minta apa deh? Hahaha sangoni mangkane, ben tak oleh-olehi liyane ;)

      Hapus
  2. haha wayae aku seng di sangoni mbak

    BalasHapus

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*