Rabu, 03 Februari 2016

Mbolang ke Cuban Sewu

Agak ragu sebenarnya, nama dari objek wisata ini Cuban Sewu atau Tumpak Sewu. Waktu saya diajak teman ke tempat ini, dia bilang ngajaknya ke Tumpak Sewu. Tumpak Sewu memang nama yang populer di kalangan orang Lumajang sini. Sedangkan Cuban Sewu, mungkin lebih populer di daerah Malang. Cuban dan Tumpak memiliki makna yang sama yaitu air terjun. Kan...bahasanya nambah lagi, ya? Ada antrukan, cuban, coban, tumpak, jurug. Bhinneka Tunggal Ika-lah ya. Walau berbeda-beda tetap satu. Artinya tetap satu, air terjun. :D

Cuban Sewu, Lumajang

Hari minggu lalu saya dan teman saya berangkat menuju air terjun ini jam 08:18am dari rumah. Kami menuju arah Pasirian lalu masih terus ke Candipuro mengendarai motor. Jalan yang ditempuh sangat mudah karena tahun 2015 lalu diadakan perbaikan jembatan Kali Mujur dan badan jalan di jalur Lumajang – Pasirian. Tapi sebelum sampai di lokasi, sekitar pukul setengah 10 kami mampir terlebih dahulu di Geladak Perak yang letaknya berada di Lereng Semeru. Geladak atau jembatan yang umurnya lebih tua dari mbah saya ini dulunya merupakan jalur utama, namun karena adanya letusan semeru puluhan tahun yang lalu, tepat di jembatan ini terkena aliran lava pijar dan jalur menjadi terputus. Sehingga dibuatlah jembatan baru yang lebih besar di sebelahnya.

ini saya lagi di jembatan lamanya yang lebih kecil dari jembatan baru (jembatan barunya di belakang saya)
ini jembatan lama
temen saya yang ngajakin. iya tumben kali ini bukan saya yang jadi tukang ajak-ajak :*
Kami menikmati pemandangan sejenak sambil iseng mengukur ketinggian jembatan dengan melemparkan putung rokok yang kami temukan di jembatan tersebut (iya rokok. Jijik ya), ke bawah. Bukan dilempar sih, tapi dilepas sambil dihitung waktunya. Berapa detik putung rokok tersebut sampai di dasar. Maklum ya, temen saya dulunya kuliah fisika. Jadi dia tahu kalo ngitung ketinggian itu bisa pake rumus h = ½gt2. Setelah kami hitung (yang ngitungnya ternyata lebih cepet saya), ternyata ketinggian kami saat itu adalah 125 meter dari dasar jembatan.

Setelah puas terpesona pemandangan di sana, ketemu temen kuliah secara gak sengaja sama cowoknya, dan sedikit foto-foto (beneran lho, fotonya cuma sedikit), kami kembali ke parkiran. Oiya lupa cerita tadi, ada parkirannya teman-teman. Jadi kalau mau ke jembatan lama, ada parkirannya dan gratis. Di situ juga disediakan toilet, mushola, dan warung kopi yang tahu petisnya enak banget. Iya kami mampir makan tahu petis sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Berjarak setengah jam lagi dari lokasi, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Kami terpaksa berteduh di warung mie ayam terdekat. Warungnya bukan yang gede gitu teman-teman. Cuma ada gardu sama rombong dan warung berdinding bambu saja. Suasana pedesaan yang masih begitu kental. Kami hanya menumpang berteduh di gardu saat itu, nggak pesen mie ayam karena masih sama-sama kenyang tahu petis. Akhirnya daripada garingin yang jual mie ayam, temen saya ambil dua plastik camilan. Beberapa menit kemudian datang 3 pengendara motor lainnya yang berteduh. Ternyata mereka datang dari Surabaya dan bermaksud ke tujuan yang sama dengan kami.

di jalan sebelum hujan, nyempetin berhenti buat melihat pemandangan seindah ini. Masya Allah (o.O)

Setelah hujan agak reda, ketiganya berpamitan berangkat duluan. Padahal mereka nggak tau jalannya. Kami juga belum pernah ke sana, tapi seenggaknya kami tau arahnya. Saya dan teman saya ini sampe di lokasi sekitar pukul 12.30pm. Dan yang kami temukan adalah tulisan “Cuban Sewu”. Tempatnya benar-benar di perbatasan kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Pantas saja beberapa waktu yang lalu semacam kontroversi menentukan objek ini milik Lumajang atau Malang. Kenyataan yang ada yaitu di objek ini terdapat pengelolaan yang baik dari pihak warga yang berada di kabupaten Malang. Seperti fasilitas toilet, parkiran, loket, petugas monitoring, medan tempuh yang sudah dibuat lebih mudah daripada medan tempuh lokasi dari Lumajang, dan sebagainya.

penampakan Cuban Sewu dari atas (maaf cuma pake kamera hp. iya bener gak fungsi kamera yang dibawa. gak sempet jepret-jepret)

Jadi dari pertama memasuki objek dan berjalan sekitar 100 meter, cuban sewunya udah keliatan dari atas. Memang cuban sewu ini letaknya di bawah. Jadi harus turun dulu untuk menikmati lebih dekat. Dan iya, gede dan keren banget. Airnya merembes dari sela-sela tebing dan masih bening. Hanya satu aliran air yang sumbernya dari sungai dan warnanya kecoklatan, mungkin karena lagi musim hujan. Tapi sumpah, buagussss. Sebenarnya keindahan cuban sewu ini dapat dinikmati dari atas seperti ini, tapi adventurer biasanya kurang puas jika tidak menikmati ini dari dekat. Tertantang dengan adanya jalan tempuh yang sudah disediakan, kami turun. Dengan tangga-tangga bersudut mendekati 90 derajat. Sampe bawah sepertinya kami tempuh dalam waktu 1 jam. Iya. Satu jam menuruni tangga-tangga 90 derajat tadi. Tapi WORTH IT! IT WASN’T LIKE “WOW”, BUT IT WAS LIKE “WOOOOWWW SUBHANALLAH IT’S SO AWESOME!!!”

Kami mulai cari-cari tempat buat duduk. Iya karena emang di daerah aliran sungai yang banyak pasirnya (pasir semeru men :3), kami agak kesulitan cari tempat buat istirahatin kaki. Akhirnya saya putuskan duduk di pinggir sungai dengan sandal gunung dijadiin alas. Ada yang unik saat itu. Saya dan teman saya sengaja bawa air panas dan pop mie buat diseduh di bawah air terjun situ. Dan meskipun orang-orang liatnya kami agak freak, karena gak ada yang lain yang bawa pop mie saat itu, tapi pop mie nya enaaaak bangeeeet. Rasanya super sekali kayak mario teguh.

pop mie rasa super

Setelah ternganga selama beberapa jam di sana dan menyiapkan mental buat balik menaiki tangga 90 derajat (iya baliknya naik), kami mulai naik sekitar pukul 4 sore. Dengan nafas yang sangat tersengal-sengal kami sampai di parkiran lagi pukul 4.39pm. Sore itu kami kembali pulang ke lumajang ditemani hujan deras. Mampir lagi di jembatan perak pukul 05.30pm untuk sholat, dan melanjutkan perjalanan. Masih ditemani hujan deras plus banjik plus mati lampu. Akhirnya sempat berteduh beberapa kali sehingga saya sampai di rumah pukul 07:48pm. Iya, hampir 12 jam refreshing saya hari itu. Kaki masih njarem-njarem selama dua hari, tapi semuanya itu worth it.

Saran saya buat yang mau kesini, persiapan dibutuhin banget terutama sandal gunung dan minuman. Jangan lupa bawa kresek atau kantung plastik untuk tempat sampah (biar bisa dibawa ke atas lagi sampahnya). Saya dan temen saya sempet mengambili sampah-sampah botol atau kotak rokok yang berserakan di bawah sana. Serius rek, itu tempat bagus. Tega banget ngotorin pake sampah. Udah botol, rokok lagi. Jaga kelestarian dan keindahan lingkungan dari diri sendiri. Jangan lupa juga bawa jas hujan, biar fleksibel bawa jas hujan yang plastik tipis lima ribuan itu juga nggak papa. Takutnya hujan pas kita lagi di bawah. Satu lagi, selalu patuhi peraturan yang ada di sana. Termasuk tidak turun waktu sudah sore banget, atau hujan. Itu semua demi keselamatan dan kenyamanan kita sebagai pengunjung. Oke?