Jumat, 19 Februari 2016

Beretika saat Berkendara, Mulai dari Yang Sederhana

Mungkin sebagian besar dari yang baca blog saya ini sudah punya SIM. Surat Ijin Mengemudi maksudnya ya, bukan Surat Ijin Menikah #eh. Dan buat yang bener-bener dapet SIM-nya pake jalan yang bener (bukan tembakan), mungkin udah pernah baca buku peraturan lalu lintas atau gambar rambu lalu lintas lengkap sama artinya dari agenda pramuka. Tapi enggak sedikit dari orang-orang yang udah licensed buat turun ke jalan raya ini melanggar peraturan lalu lintas baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Yang tidak tertulis maksudnya adalah etika, tata krama, sopan santun. Saya abis dapet pengalaman disgusting di jalan. Dan sebel banget sampe sekarang. Oke well....
Peraturan lalu lintas itu dibuat demi keamanan kita bersama. Maksud saya demi saya dan pemakai jalan lainnya. Misalnya peraturan untuk memakai pakaian dan helm SNI saat mengendarai motor. Iya, minimal pake helm SNI lah, meskipun nggak pake jaket, sarung tangan, pelindung siku dan lutut, sama boots tiap berkendara. Helm sudah cukup. Tapi nggak sedikit orang-orang yang ‘nggak sungkan’ buat nggak pake helm waktu berkendara. Padahal itu buat keselamatan kita sendiri.

Saya masih inget waktu SMA saya pernah jatuh dari motor pas dibonceng kembaran. Pulang sekolah, pake rok, jadi boncengnya hadep samping. Kebetulan tas yang saya pake tas punggung Palo Alto warna pink yang ada gambar hamtaronya. Jalan lagi tiba-tiba padet di depan pertokoan gede di jalan raya utama gara-gara ada mobil mau parkir masuk GM. Gak biasanya lumajang padet gitu. Kemudian dalam waktu se-perberapa detik, saat mobil yang tepat di depan motor kami udah belok buat parkir, saya merasa ada sesuatu yang masuk ke sela tali tas saya di deket pinggang saya. Ebuset, setang orang belakang masuk di situ. Gara-gara mobil udah belok, kembaran saya langsung tancap gas. Yang sialnya setang motor mas-mas yang sekilas saya liat dari SMA lain itu masih nyangkut di sela tali tas saya. Dan hasilnya.....bruk. Motor lari ke depan, tapi saya ketarik ke belakang. Pake kepala jatuh duluan ke aspal. Dan saya thank you banget sama helm yang saya pake hari itu. Dan thank God juga se.

Mulai hari itu, saat saya lihat orang-orang yang saya kenal gak pake helm, entah itu temen, keluarga, murid-murid, ob kantor, atau siapa aja, saya teriakin langsung buat pake helm. Bahkan saya pernah bilang ke murid saya, kalo lain kali les harus bawa helm. Kalo nggak pake helm, saya gak bakal bolehin dia masuk gedung. Iya. Kalo dia ada apa-apa di jalan gimana? Kalo kecelakaan, dan misalnya dia masih bisa cerita kejadiannya ke orang lain ceritanya bakal jadi gini, “waktu itu aku mau berangkat les. Karena nggak pake helm jadinya ya gini....” terus tanggepan orang-orang jadi, “apa?! Jadi tempat les kamu itu gak bolehin muridnya pake helm??!!” Kan bahaya.

Seriusan, guys. Helm itu penting. Dan alhamdulillah ada orang yang invented helm. Bayangin kalau gak ada penemuan helm. Mau pake apa kita? Topi pramuka? Enggak, guys. Pakeklah helm. Entah itu dekat ataupun jauh, tetaplah pake helm.

Oiya, back to the topic of disgusting incident. Kalian nyadar nggak, kalau jalanan itu punya bahasa sendiri. Bahasa maksudnya adalah our ways to communicate. Hal yang memudahkan kita untuk berkomunikasi di jalan. Contohnya kayak kedipin lampu jauh pas kita lagi buru-buru, jadi orang depan yang mau motong jalan kita ngalah dengan mengurangi kecepatannya. Atau pas kita mau belok kanan kita nyalain lampu sein kanan (atau lambai2in tangan kanan kalo lampu seinnya pas bermasalah yang resikonya motornya nggak mau jalan lagi gara-gara gasnya dilepas). Atau pas kita lagi pas di belakang kendaraan lain, lampu merah di belakang kendaraan itu nyala, artinya dia lagi ngerem dan kita harus ngerem juga kalo gak mau hidung kita nyium kaca helm sendiri dan bruakkk, nabrak. Hal sepele gitu, deh. Sadarkah dengan hal ini?

Itu adalah beberapa peraturan yang meskipun kita nggak pernah baca, tapi kita mempelajarinya overtime. Tapi ada peraturan tidak tertulis yang dilanggar kebanyakan orang di Indonesia. Oke, terlalu general sepertinya. Let’s say, di Jawa Timur. Peraturan tidak tertulis apa itu? Maksud saya yang disgusting ini adalah ‘larangan meludah di jalan.’

Hey, ayolah guys. Guys, terutama yang masih suka membuang ludah di jalan, kalian itu ngapain, sih. Apa masih belum tahu kalau penularan penyakit dengan air liur itu rentan banget? Berpotensi banget? Berpeluang besar banget? Atau kalian merasa ludah kalian itu suci dari virus dan bakteri?

Hari rabu lalu sepulang saya dari rapat di sekolah, saya mengendarai motor dengan kecepatan sedang. Hati lagi seneng karena dapet nasi kotakan. Plus cuaca hari itu yang tidak hujan. Dan inget kalo malemnya ada janji kencan #eh. Intinya saya lagi menikmati hidup banget siang itu. Pas saya sampe di jembatan gambiran, cuaca yang tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba saya rasakan percikan air di muka saya. Apa ini? Aneh, tapi seger juga. Apa gara-gara deket sama rumahnya pacar apa gimana, tapi perasaan saya makin adem aja. Masa bodo dengan ingatan bahwa di jembatan itu nggak ada pipa airnya (di jembatan kali asem lain ada yang pipa airnya kadang bocor dan nyemprot ke jalan gitulah).

Sore harinya, pas saya pulang dari tempat ngelesi, sekitar setengah enam. Saya mengendarai motor dan emang kebiasaan saya kaca helm enggak saya tutup (lagi). Di depan saya ada pengendara motor laki-laki yang nggak pake helm. Jalan pelan-pelan. Saya ikut di belakangnya karena lagi nggak mood mendahului. Eh, tiba-tiba dia ngeludah. “tduhh!” gitu. Dan kalian tahu apa yang saya rasakan di muka saya? Persissss seperti yang saya rasain pas di jembatan gambiran tadi. Kurang aj***** Berarti yang di jembatan tadi juga beginian?? Yang aneh tapi seger tadi? Yang itu tadi? Yang....? Itu???? *tarik nafas panjang*

*atur emosi dulu*

Plisssss.

Tolong. Ada kok, tempat-tempat yang bener buat ngeludah. Di kamar mandi, di wastafel, di tempat pembuangan, atau di tempat sampah (eh?). Atau di semak-semak, deh! Kali aja ada nutrisi yang bisa diambil sama tanemannya. Tapi jangan lupa cek semak-semaknya juga sih, takutnya ada yang lagi itu. (itu?) Hauft. Lagi pipis maksudnya. :3 Dan JANGAN DI JALAN! MUNCRAT!


Gitu sih, mudah-mudahan bisa jadi inspirasi. Dan kalian jadi sadar. *nangis penuh haru* gimana nggak pengen nangis, sore itu saya kurang 1 jam ketemu pacar dan diludahin orang. Kebayang saya cuci muka berapa kali? *nangis air sabun* Oke guys, see you on the next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*