Selasa, 19 April 2016

Akar Serabut (Farewell)

“Mas, di Lumajang ada tempat nongkrong lucu. Pengen ngajakin samean kesana. Kapan main ke Lumajang?”

Dulu, sempet bilang gitu ke (mantan) gebetan. Posisi saat itu, saya baru pulang dari penjait saya di daerah Sentul, Lumajang. Terus ke timur sampe di Jalan Semeru (barat perempatan Klojen), tolah-toleh liat ada tempat nongkrong yang (keliatannya) unik banget dari jalan. Sebagian temboknya ada yang cuma dilapisi wallpaper handmade dari koran. Kursi kayu bercat hitam yang keliatan vintage-vintage gimana gitu. Perabotan dan aksesoris dari bahan daur ulang. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas (bisa dibilang terbatas), tapi dinaungi pohon gede yang bikin suasana jadi adem. Nama tempat itu “Akar Serabut.”
  


yang atas itu namanya nyitnyot, yang pernah saya bikinin tulisan juga
 Pengen gitu, ke sana sama orang yang ‘tepat’. Udah lama banget, pengennya. Ah, nunggu si dia ke sini aja (maunya). Tapi gara-gara nggak disamperin juga, akhirnya sampe lupa kalo punya keinginan itu. Sampai pada saat nyerah sama si gebetan dan gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba ada yang ngechat gini:

“Ayo habis ini ke akar yo.”

Lho? Orang ini tau darimana kalo dari dulu saya pengen ke sana? *mbatin #gapakebaper gak usah banyak ngomong langsung berangkat. Cusss. Dan itu worth it bingit.

Jadi menunya juga ndak terlalu mahal kalo dilihat dari harganya, guys. Pilihannya juga banyak banget, macem-macem. Hot ada. Cold ada. Squash ada. Jus juga ada. Enak-enak. Andalan saya capucinno attack-nya. Kalo temen saya paling suka banana latte, yang pas saya cobain ternyata emang enak bener. Cuman makanannya mungkin yang jarang ada, biasanya abis. But tempat cozy, wifi lancar, colokan susah. #eh Iya saya lumayan sering ke sana jadinya. Beneran friendly banget. Dan saya mulai mengenal Akar Serabut lebih jauh.

Tempat itu berdiri bukan sebagai sekedar cafe buat owner-nya cari penghasilan. Ya, sebenarnya bukan itu yang dicari, tapi mereka pengen mendirikan sebuah tempat atau wadah buat mereka yang pengen ngobrolin dan mecahin masalah-masalah yang muncul di sekitar, atau silaturahmi, atau wifian, dan lain-lain yang standar juga sih. Saya masuk sana, liat-liat celingukan, ada display foto-foto realis yang menunjukkan kehidupan masyarakat di Tengger. Mungkin ada sekitar 20an foto (lupa), yang captionnya menyatakan bahwa seharusnya kita lihat kehidupan mereka. Tenang, tentram, damai, bahagia dengan keadaan yang terbatas. Tanpa gadget, tanpa uang (kayaknya). Coba deh, kita yang orang kota, tanpa gadget sehariii aja, mungkin mati tertelan arus ke-hits-an. Katanya nggak hits kalo nggak punya gadget. #eaaa itu kalimat dangkal tapi jeru. Dan kalimat-kalimat lainnya.

Pernah saya tanya sama mas-masnya, sebenernya cafe-nya punya siapa. Dan ternyata cafe itu nggak ‘duwe-duwe-an’. Nggak ‘punya-punyaan’. “Cafenya punya bareng-bareng. Kalo si ini bilang ini punyaku, ya ini punya dia juga,” jadi secara nggak langsung, semua orang yang menganggap memiliki Akar Serabut, ya udah dianggep keluarga di Akar Serabut. Semuanya saling kontribusi buat perkembangan bersama. Entah itu cuma kontribusi ide atau apalah. Dan vibes di sana kerasa banget, kalo ini bukan sekedar tempat nongkrong yang bisa saya datengin, pesen, makan, foto, ngegosip, foto, pulang. Cuma dikit banget foto saya di sana, padahal di sana bisa sampe berjam-jam. :D

Ada seorang ibu-ibu di sana, namanya Buk Min. Udah kayak ibuk buat kita semua. Beliau yang suka masak di situ, ibu dari foundernya Akar Serabut. Ya memang tempat nongkrongnya itu pas di teras rumahnya, sih. Orangnya seru, baik, kocak, mungkin karena keseharian beliau yang juga mengajar. Kalo nggak ada ibuk, jadi kurang seru di sana. Kita juga jadi betah lama-lama ngobrol sama ibuk di Akar. Saya juga pernah eksperimen sendiri di dapurnya ibuk buat bikin-bikin minuman. Kena marah ibuk gara-gara air dibuang-buang. Hahaha. Bikin surprise party ultah pacar (dulunya) juga di situ. Dibantuin sama Ibuk juga. Meskipun agak garing dan gak sukses-sukses amat gara-gara target tiba-tiba masuk duluan, susah banget ilangin memori itu. Sedih.

Sedih kenapa nih, Ep? Baper lagi?

Bukan. Jadi barusan saya dateng acara pindahan rumahnya Buk Min. Selametan gitu. Iya, udah beberapa minggu ini Akar udah nggak pernah buka lagi. Founder-nya alhamdulillah berangkat ke Jepang buat nerusin kuliah. Sempet nganter ke bandara bareng-bareng (tapi saya nggak ikut gara-gara lagi sakit). Akhirnya, karena pada sibuk sendiri-sendiri dan fokus di usaha lain yang lagi dirintis bareng, gak ada yang bisa ngurus cafe itu. Dulunya rame tiap hari (tutup malem Jumat, ngaji). Sekarang udah sepi. Kosong. Sedih, sih.

Sedih karena ‘uwah, itu tempat vibesnya dapet bangeeeeet. Dari pertama liat udah klik, sampe kudu bawa orang yang tepat dulu buat kesana. Ya meskipun nggak kesampean bawa tuh orang, tapi tapi tapi.... L Semua pasti sedih dan bakal kangen suasana di situ.’

Ya tapi apa mau dikata. Kalaupun ada yang benar-benar bisa, pasti nggak keberatan untuk tetap membantu menjalankan. Mungkin lagi pada sibuk semua. Padahal udah kayak rumah kedua buat orang-orang atau pelanggan-pelanggannya. Tapi solusinya nggak didapet. Lagi belum bisa ngatasin semua. Akhirnya diberhentiin dulu operasinya, sampe barusan ibuk udah pindah rumah. Entah kapan bisa bangkit lagi. Semoga segera disusun rencana buat jalanin lagi. *cuma bisa doa gitu*

diambil dari fb-nya Akar Serabut *hasil stalking
sumber: www.facebook.com
sumber: www.facebook.com
dalem guys 
keseruan acara ultah pertamanya, yang sialnya saya buka IG nya pas acara ini udah lewat 1 bulan. Sekarang umurnya udah dua tahun. tapi tapi :')
The Founders :D




kebetulan sengaja bawa brushpen, tapi letteringnya gagal gitu
Yaaaa... Cuma cerita gitu aja sih. Sebenernya nggak terlalu paham juga sama sejarahnya. Kayaknya dulunya cuma sediain STMJ aja atau gimana. Yang pasti ini semua adalah hasil jerih payah orang-orang keren di sana, sampe bisa sejauh ini. Saya tahu tulisan yang saya buat ini nggak ada isinya, nggak ada apa-apanya dibandingin dengan proses yang dilewati sama semua orang- di sana. Tapi ini cuma bentuk kontribusi dan dukungan saya untuk Akar Serabut *ambek nangis darah. Oya, sama minta doa dari kalian juga, guys, biar bisa jalan lagi. Kalo udah jalan lagi, bakal saya bikinin review buat kalian semua J Oke? *kode *ayo jalan lagi. Thanks udah baca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*