Kamis, 13 Agustus 2015

Tipe-tipe Siswa di Bimbelan

Halo teman-teman! Kali ini saya lagi pengen nulis yang ada hubungannya sama kerjaan saya setaun ini. Hmm. Bener. Saya kerja di tempat bimbel atau les sebagai pengajar mata pelajaran kimia. Mengajar memang passion saya. Tapi ternyata (seperti yang saya duga), mengajar di tempat les tidaklah sama dengan mengajar anak-anak di sekolah.
Anak-anak cenderung memperhatikan guru agar dapat nilai bagus di sekolah. Guru dihormati dan ditakuti anak-anak di sekolah (kebanyakan masih gitu sih). Dan setiap anak dalam satu kelas progress materi belajarnya sama. Berbeda dengan di bimbel. Mereka les biar bisa, biar dapet nilai bagus di sekolah. Itu juga dalam 1 kelas kadang progress materi mereka di sekolah masing2 juga beda. Ini yang paling bikin pusing kita-kita.
Anak-anak sekolahan yang pulang sekolah dateng buat les harus kami sambut dengan tangan terbuka. Kami harus memotivasi mereka untuk semangat belajar. Semangat dapet nilai bagus. Semangat buat sukses. Nah, sesuai observasi saya selama ini, ada beberapa tipe siswa di tempat les, seperti yang saya tulis di bawah ini:

1. Niat Les
Anak-anak yang niat les ini cenderung berpusat ke pelajaran. Dia berusaha. Sangat-sangat berusaha untuk memanfaatkan segala fasilitas di tempat les, seperti buku latihan soal2, modul, bahkan tentor. Kalo ada pr dari sekolah, langsung dia tanyain bahkan sebelum baca soalnya. Tapi mereka bener-bener konsisten. Selalu dateng gak pernah absen. Memperhatikan dengan seksama waktu tentornya menjelaskan. Dan menanyakan kalo masih belum jelas.

2. Si Pendiam
Ada juga siswa tipe ini. Diem. Gak ditanya, diem. Ditanyain, juga diem. Pokoknya diem deh. Kadang pengajar kayak kita jadi bingung ini anak udah beneran ngerti atau enggak. -_-

3. Si Tanya Mulu
Siswa jenis ini sukanya tanya terus. Belum selese jelasin yang ditanyain sebelumnya, udah tanya lagi pertanyaan yang lain. Seringnya yang ditanyain jarang berhubungan sama pelajaran di sekolah. Tapi lebih ke sesuatu yang bikin mereka penasaran. Jelasinnya sih seneng-seneng aja meskipun agak bikin sebel. Tapi kasian siswa lainnya, mereka bisa juga merasa terganggu dengan pertanyaan-pertanyaan gak penting si ini.

4. Yang Rame Terus tapi Gak Perhatiin
Ini annoying banget. Udah rame terus, yang dia ramein hal2 diluar pelajaran. Ganggu banget.

5. Yang Aktifnya Ngajak Berantem Tentor
Siswa yang ini sebenernya gak ngajakin berantem, tapi dia ngetes. Ngetes apa bener tentornya ini nguasain materi atau enggak. Dia nanya yang seharusnya dia udah tau jawabannya. Udah gitu dia ngotot jawaban dari tentornya harus persis kayak yang dikasih sama gurunya.

6. Gadget Terus
Siapa yang gak suka gadgetan? Apalagi siswa jaman sekarang dari SD sampe SMA udah pada bawa gadget macem bb, android, atau iPhone. Ada siswa yang bukannya pegang buku dan bulpen, malah gadget terus. Biasanya saya siasati dengan saya teriakin dari depan, "Ping ping ping!" Entar anaknya ngerasa di-ping kok.

7. Mejeng Doang
Iya, ini les cuma ikut2 temennya. Asal dateng biar bisa curcol, keluar rumah lebih lama, kumpul sama temen2nya. Dsb

Nah tipe yang manakah kamu adek2? 😀😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*