Minggu, 13 Januari 2019

Melompat atau Terjun?


Kita lanjut ya, mumpung anak lagi tidur hehehe.

Hamil


Pada bab hamil ini buanyak yang bisa diceritain sebenernya. Jadi sebelum menikah dulu pernah ada chit-chat sama suami kalo nanti kita nikah maunya saya urus kerjaan di rumah aja, biar belio yang kerja begitu. Saya sih iya-iya aja asal masih tetep dibolehin kasih les murid-murid di rumah ehehehe. Tapi waktu kita udah nikah dari bulan September itu, kita masih fine-fine aja sama-sama kerja. Dan jadwal saya yang padet itu membuat saya jadi tetep gitu-gitu aja.


Apa maksudnya gitu-gitu aja?

Ya keterampilan jadi istri nggak berkembang secara signifikan gitu. Masak juga masih tetep bisa masak itu-itu aja. Bersihin rumah juga tetep bersihin bagian yang itu-itu aja (maksudnya bersihin genteng juga belum bisa kali yak). Mencuci, jemur, angkat jemuran, lipet baju, setrika baju, ya sama aja gitu. Ya tapi emang itu tugas istri sik. Tapi karena emang tinggal di rumah orang tua saya ya jadinya banyak kebantunya. Hehehe. Dan memang skill yang KURANG banget itu ya di masaknya. Dan selama beberapa bulan karena jadwal yang padat masih males-malesan mau nyandak masak-masak. Palingan cuma bantuin ibuk di dapur, potong ini kupas itu rendem ini tumis itu rebus ini cuci itu, udah.

Akhirnya pas saya tau pagi itu kalo saya hamil, langsung terlintas di pikiran.
So…….. Kapan resign?”

Tapi masih saya pendam sendiri saat itu walaupun sudah berkecamuk di hati dan pikiran. Jujur saja, dari dulu impian saya memang mengajar di sekolah seperti kedua orang tua saya dan kakak pertama saya. Tapi setelah saya jalani selama beberapa tahun, memang berat sobat! Apalagi jadi guru honorer dengan murid yang tidak bisa diatur wahahahaaa. Murid gak paham-paham itu nggak papa, tapi kalo udah ngelamak dan nggak bisa diatur, peuuuhhhh. You feel me kan wahai pejuang honorer? Tapi tapi tapi saya tetep nggak setuju dengan acara demo-demoan guru honorer yang ngaku ikhlas tapi minta kenaikan gaji dan tunjangan. Hehehe. Kalo mau minta ya minta aja gitulho pak, buk, toh emang kitanya butuh tunjangan itu. Hikssss……

Okay back to the case. So…. Kapan resign?

Masih saya pendam hehehe. Saya putuskan untuk ‘nunggu’ sampe saya bener-bener butuh buat resign aja. Maksudnya selama masih kuat ya let’s go hehehe. Hari pertama masuk, ruang guru agak heboh karena salah satu guru baca status saya yang bilang, “Alhamdulillah…” diikuti dengan kalimat yang agak menyinggung kalau saya hamil. Nggak tersurat gitu maksudnya. Hari kedua, siswa-siswa pada tahu. Mereka ikutan excited. Tanya anaknya cewek apa cowok, dikasih nama siapa, dan lain-lain. Hhaha dasar anak kelas 7 ^^.

Resign

Pagi itu perut saya nggak enak. Udah beberapa hari ini pagi-pagi nggak enak. Lemes. Mual. Nggak nafsu makan. Apalagi kalau deket-deket sama plastik. Iya plastik. Plastik tuh bauk banget saat itu. Kata orang sih bawaan bayi. Oh ya, dan ada lagi yang bau. Kalau biasanya kita suka bau kapur barus pewangi kamar mandi, saat itu saya tidak. Benar-benar tidak suka. Dan pengen muntah waktu berada di dalam kamar mandi. Jadi berkali-kali saya keluarkan kapur barus berbentuk bulat itu. Tapi lagi-lagi ada yang masukin lagi. Maklum nggak tinggal sendirian.

Saya berangkat ke sekolah diantar oleh suami. Dua hari lalu saya sudah periksa Ultra Sonografi (USG) di bu dokter bareng-bareng sama kembaran saya dan temen saya Ellen. Mereka berdua sama-sama habis lahiran jadi sekalian kontrol bareng katanya. Kata dokter saat itu janin saya masih belum ada dan masih hanya berbentuk kantung saja. Disuruh hati-hati karena beliau berkata kandungan saya agak lemah, jadi beliau memberi saya obat penguat dan vitamin (yang harganya juga nggak main-main guys…..).

Beruntung hari itu saya diantar kerja, masih jam pertama sekitar pukul 07.30 – 08.50 saya masuk di kelas 7B. Kelas itu memang sudah terkenal kelas yang super sekalai. Kadang super rame, super tidak aktif, super males, super ogah-ogahan, super bandel, super nakal, super megeli, super ngelamaki. Saya memanggili anak-anak satu-satu buat masukin nilai mereka di buku nilai karena penilaian tengah semester akan segera dilaksanakan. Dasar anak kelas 7B ye kan, satu kelas isi laki-laki semua. Dipanggili satu-satu majunya nggak satu-satu. Yang barusan dipanggil nggak mau balik di meja, maunya tetep di depan sambil liatin nilainya temen yang dipanggil sesudahnya.

Jadilah saat itu saya sambil bukain bukunya anak-anak, nyari namanya di buku nilai, nyari kotak mana yang mau saya isikan nilainya, KI 3, KI 4 (guru K13 pasti paham), sambil dikelilingi anak-anak di meja guru dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang bikin saya pusing. So dizzy guys.
“Dzah, nilai saya lengkap kan?”
“Dzah, nilai saya kurang yang apa?”
“Dzah yang ini bukan?”
“Duh aku kurang ngerjain sing mana se, dzah? Mari kabeh!”
“Wuh wegah aku gak usah wis dzah”
“Bukuku ndak tak bawa dzah”
“LKS ku hilang dzah”
“Yang itu udah kukerjain dzah tapi hilang!”
“Dzah, Alqom (nama salah satu siswa) ndorong-ndorong dzah!”
“He rek ojok rame!”

Daaaan lain-lain. So dizzy guys. Soooo dizzy.

Tung ting ting ting!
Saatnya jam ke-3 dimulai.

Alhamdulillah….
Saya mengemasi buku-buku dan tas saya, pamitan sama anak-anak sambil lemes-lemes bilang kalau mereka nyebelin hari ini, lalu menuju ruang guru. Mau pindah ke kelas selanjutnya. Di jalan menuju ruang guru, dunia serasa berputar. Kaki sudah tidak terasa berpijak. Tangan sudah tidak kuat menahan beban (megang buku paket dan berkas-berkasnya anak-anak). Tapi saya kuat-kuatin sampe ruang guru. Sampe meja saya, udah nggak kuat lagi. Saya duduk dan meletakkan kepala saya di meja. Lemes banget. Temen saya yang lihat akhirnya menyarankan saya pulang saja. Akhirnya saya telfon suami untuk menjemput saya. Setelah sampai rumah saya langsung ganti baju dan berangkat ke dokter.
“Lho. Kurang makan ya kamu, Dek?” kata Dokter Agung. Saya cuma meringis. “Makan yang banyak. Ini masih keliatan kantungnya aja bayimu lho nggak ada.”

Saya lemes banget. Emang nggak nafsu makan kalo udah bau ada plastik. Nah taplak meja makan kan ada plastiknya!
“Kamu tak infus ya? Biar masuk vitaminnya,” kata Dokter.

Saya menoleh ke suami dengan muka khawatir.
“Iya wes,” katanya. Lah, jadi samean yang mutusin mas?
“Bener nggak papa ta? Aku … nggak pernah … diinfus,” kata saya putus-putus. Antara malu dan takut.

Dia menggangguk. Hemmmm. Udah nggak bisa nolak ini. Jadilah pagi itu saya merasakan selang infus.

"Kalau perutnya kram baru diminum obat penguatnya. Banyak makan es krim ya," Dokter Agung menambahkan sebelum saya pulang. Saya sukaaaa banget es krim. Tapi sejak hamil ini kok nggak nafsu ya? Padahal harusnya disuruh makan es krim banyak-banyak tuh surga banget ya kan.
Setelah itu saya tidak masuk sekolah selama tiga hari. Kemudian hari pertama saya masuk lagi, saya menghadap ke kepala madrasah untuk resign. Ini hasil diskusi dengan suami karena keadaan kandungan saya juga yang ternyata tidak terlalu kuat. Saya mengatakan akan mengakhiri kegiatan mengajar saya setelah selesainya pelaksanaan PTS (penilaian tengah semester) sekitar tanggal 7 Maret 2018. Agak berat sebenarnya, karena saya sudah sangat dekat dengan orang-orang di sana dan saya sayang sekali dengan murid-murid saya. Anak-anak manis itu juga pasti berat melepas saya (cieee). Saya harap mereka mau menerimanya saat itu walaupun hujan tangis mengiringi perpisahan saya. (Saya ceritain
di postingan selanjutnya ya!)

Entahlah apakah ini suatu lompatan bagi saya atau malah terjun bebas. Beberapa hari setelah saya tahu saya hamil, saya berdiskusi dengan beberapa teman guru yang saya percaya tentang rencana resign saya. Semuanya seperti kurang mendukung. Karena saya masih muda, karena saya disukai anak-anak (cieh), karena sekolah kami mempunyai system yang baik juga (jarang sekolah swasta yang hubungan persaudaraan dan kekeluargaannya seperti di sini. Ini bener loh dan sudah terbukti hehe), dan lain-lain. Eman-eman. Tapi yaaaa ini memang sudah janji saya, janji kami berdua setelah berkeluarga. Semoga suami jadi lebih ridho (meskipun selama ini dia juga nggak pernah komplain kenapa saya masih kerja terus) dan Allah kasih barokah yang lebih-lebih lagi buat keluarga kami. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih masukan aja gak papa. Tambahin pendapat juga gak papa. Kalo ada pendapat lain sampein aja. Kritik aja juga gak papa. Terserah mau nulis apa deh, biar rame. Oke? *peluk cium dari header*